Kristi Eka Arummi

MASA DEPAN ADALAH MILIK MEREKA YANG PERCAYA PADA KEINDAHAN MIMPI-MIMPI MEREKA...

"The Future Belongs To Those Who Believe In The Beauty Of Their Dreams"

WELCOME TO KITTIW BLOG

Minggu, 30 Maret 2014

MACAM-MACAM SHALAT SUNNAH

Setidaknya, ada 12 macam shalat sunnah yang siap menghamburkan kemukjizatannya bagi hidup kita jika kita mengamalkannya dengan istiqamah. Shalat-shalat sunnah yang memilki keajaiban untuk melimpahkan rezeki, mempermudah jodoh dan keturunan, memperlancar karir, mencerdaskan otak, menerbitkan kebahagiaan hidup, ketentraman hati, hingga meminta petunjuk Ilahi atas pilihan-pilihan sulit.
Macam-macam shalat sunnah yaitu :
11.   Shalat Dhuha
Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada waktu pagi ketika matahari sudah terbit dan meninggi sekitar 7 hasta (kira-kira pukul 07.00 WIB) dan habis waktunya ketika matahari hampir tergelincir, sekitar pukul 10.30 WIB. Shalat sunnah ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan rezeki dan berkah. Shalat dhuha biasanya dilakukan dua rakaat dengan satu salam, sebagian melakukan empat rakaat sekaligus dalam satu salam. Shalat dhuha juga bisa dilakukan satu salam (dua rakaat), dua atau tiga salam dalam satu hari.
22.   Shalat Tahajud
Shalat Tahajud merupakan shalat sunnah muakkad (dikutkan oleh syara’), yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur. Waktunya dimulai dari setelah Isya sampai sebelum Subuh. Namun, lebih utama dilakukan pada sepertiga malam terakhir, yaitu sekitar pukul 03.00WIB. shalat tahajud diyakini dapat memberikan berbagai macam keistimewaan bagi pelakunya, diantaranya adalah penghias di surga, menghindarkan pelakunya dari kesepian di alam kubur, memberikan keharuman bau tubuh, menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan pada siang hari, memberi kesehatan fisik dan mental, mengangkat derajat pelakunya, serta menjamin kebutuhan hidup bagi pelakunya. Shalat sunnah ini bisa dilakukan berkali-kali, sebanyak-banyaknya dalam satu malam.
33.   Shalat Hajat
Shalat Hajat merupakan shalat sunnah yang dilakukan oleh kaum muslim/muslimah apabila punya hajat. Muslim/muslimah memohon kepada Allah SWT agar hajatnya dikabulkan oleh-Nya. Shalat hajat dapat dilakukan dengan dua rakaat sampai dua belas rakaat. Shalat hajat dilakukan kapan pun diluar waktu yang dilarang.
44.   Shalat Taubat
Shalat Taubat merupakan shalat sunnah yang dilakukan untuk memohon agar semua dosa yang telah kita perbuat mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Shalat sunnah taubat ini dapat dilakukan 2,4 dan 6 rakaat. Memang tidak ada waktu yang tetap untuk melakukan shalat sunnah ini. Akan tetapi, sebaiknya dilakukan disaat kita merasa bahwa telahmelakukan banyak dosa. Dengan melakukan shalat sunnah taubat, semua dosa kita yang telah berlalu dan dosa yang akan datang diampuni oleh Allah SWT.
55.  Shalat Istikharah
Shalat Istikharah merupkan shalat sunnah yang dilakukan untuk umat islam untuk meminta petunjuk Allah SWT agar berbagai masalah yang dihadapinya mendapatkan jalan keluar yang terbaik. Shalat istikharah dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang, diantaranya setelah Subuh sampai tiba waktu Dhuha, dan setelah shalat Ashar. Akan tetapi, lebih utama apabila shalat ini dilakukan pada malam hari.
66.   Shalat Sunnah Rawatib
Shalat Sunnah Rawatib merupakan shalat sunnah yang dilakukan beriringan dengan shalat fardhu lima waktu. Shalat rawatib ada dua macam, yaitu sebelum shalat fardhu(qabliyah) dan sesudah shalat fardhu (ba’diyah). Dalam shalat rawatib, terdapat waktu-waktu yang telah ditentukan untuk melakukannya, sebagaimana berikut :
·         Dua rakaat sebelum shalat Subuh
·         Empat rakaat sebelum shalat Zhuhur (dilakukan dua rakaat-dua rakaat atau dua kali salam)
·         Dua rakaat setelah shalat Zhuhur
·         Dua rakaat setelah shalat Magrib
·         Dua rakaat setelah shalat Isya’
77.   Shalat Tahiyatal Masjid
Shalat Tahiyatal Masjid merupakan shlata sunnah yang dilakukan sebelum duduk di masjid. Para ulama memerintahkan, apabila masuk masjid agar melakukan dua rakaat shalat Tahiyatal Masjid, meskipun diwaktu-waktu terlarang. Apabila sudah terlanjur duduk, maka tidak disunnahkan lagi untuk berdiri dan melakukannya. Apabila masuk masjid dan Adzan berkumandang, hendaklah tetap berdiri mendengarkan adzan hingga selesai, lalu lakukan lah shalat Tahiyatal Masjid.
88.   Shalat Jenazah
Shalat Jenazah merupakan shalat fardhu kifayah yang diperintahkan kepada kita untuk menghormati mayit. Yang dimaksud fardhu kifayah dalam shalat jenazah adalah apabila ada orang meninggal disuatu tempat, lalu sama sekali tidak ada orang yang menshalati maka dosa lah semua orang yang ada di tempat itu. Akan tetapi, bila ada yang mewakili meskipun hanya satu orang, maka bebaslah semua rang dalam satu tempat itu dari dosa.
99.   Shalat Tasbih
Shalat Tasbih merupakan shalat sunnah yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus merasakan keberhambaan diri kita sebagai manusia atas kekuasaan-Nya. Shalat tasbih juga berguna untuk memohon ampunan atas dosa yang telah diperbuat di tahun-tahun yang akan datang, sehingga dengan terhapusnya dosa tersebut makan menyebabkan rezeki kita lancar. Shalat Tasbih dapat dilakukan kapan pun, kecuali waktu yang dilarang. Shalat sunnah ini dapat dilakukan dua rakaat satu salam dan empat rakaat satu salam. Shalat tasbih hendaknya dilakukan setiap malam, seminggu sekali, sebulan sekali, setahun sekali, atau jika tidak bisa, maka dalam sekali selama hidup di dunia.
110. Shalat Witir
Shalat Witir merupakan shalat yang dilaksanakan oleh muslim/muslimah untuk mentup shalat malam. Dan, shalat sunnah ini adalah shalat yang ganjil, oleh sebeb itu, shalat witir dilakukan dalam hitungan rakaat yang ganjil, minimal satu rakaat dan maksimal 11 rakaat. Waktu shalat witir setelah shalat Isya’ sampai terbit fajar. Shalat witir dapat dilakukan dua rakaat satu salam, kemudian ditambah satu rakaat satu salam. Bisa juga dilaksanakan tiga rakaat satu salam, tetapi tidak menggunakan tasyahud awal agar tidak menyerupai shalat Magrib.
111.  Shalat Tarawih
Shalat Tarawih merupakan shalat sunnah muakkad yang dilaksanakan pada malam hari di bulan Ramadhan, baik dilaksanakan sendiri-sendiri maupun secara berjamaah. Sebagian ulama mengatakan bahwa shalat tarawih terdiri atas 10 salam (masing-masing salam dua rakaat), sebagian yang lain empat salam (masing-masing salam dua rakaat), dan sebagian yang lain lagi dua salam (masing-masing salam empat rakaat tanpa tasyahud awal).
112.  Shalat Idul Fitri dan Idul Adha
Shalat Idul Fitri merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada hari raya idul firi, sebuah perayaan kemenangan umat Islam melawan setan selama satu bulan di bulan suci Ramadhan.
Sedangkan shalat Idul Adha adalah shalat yang dilakukan pada hari raya qurban, sebagai cerminan pengorbanan manusia atas egoisme dirinta kepada Allah SWT. Karena itulah, bagi setiap umat islam, disunnahkan melakukan dua shalat dua hari raya ini sebagai wujud ketundukan seorang hamba kepada Allah SWT. Dua shalat hari raya ini, biasanya dilakukan setelah matahari mencapai seujung tombak, kira-kira pukul 06.00 WIB.

Sumber : Hamid, Abdul. 2013. Tuntunan Shalat Wajib dan Sunnah. Yogyakarta: Safirah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar