Kristi Eka Arummi

MASA DEPAN ADALAH MILIK MEREKA YANG PERCAYA PADA KEINDAHAN MIMPI-MIMPI MEREKA...

"The Future Belongs To Those Who Believe In The Beauty Of Their Dreams"

WELCOME TO KITTIW BLOG

Minggu, 30 Maret 2014

BERBAGAI MANFAAT MENANGIS

Setiap orang tentu saja pernah menangis dalam hidupnya. Dari sejak kita terlahir di dunia, kita sudah merasakan air mata keluar dari mata. Menangis merupakan ekspresi emosi ketika seseorang merasa tersakiti baik mental maupun fisik, atau sebaliknya saat seseorang merasa bahagia. Berbagai penelitian seputar menangis membuahkan beberapa fakta. Inilah beberapa perasaan yang menyebabkan Anda bisa mengeluarkan air mata dan fungsi dari air mata itu sendiri :

1.      Menangis Itu Sehat
Buang rasa malu untuk melepaskan air mata. Menurut para ilmuwan, menangis tak hanya sekedar respon tubuh terhadap kesedihan dan frustasi, namun juga menandakan sehat.
2.      Rasa Marah Akan Hilang Setelah Menangis
85 persen wanita dan 73 persen pria mengakui jika rasa marah dan sedih akan berkurang setelah menangis. Seperti yang Anda tahu, air mata tidak hanya diproduksi karna adanya perasaan emosional saja. Iritasi dan menguap juga bisa memicu naiknya produksi air mata. Namun, meskipun keduanya bisamenyebabkan munculnya air mata, air mata emosional dapat menyebabkan iritasi karna memiliki komposisi kimia yang berbeda.
3.      Wanita Lebih Mudah Menangis
Jika wanita dianggap lebih mudah menangis, maka itu mungkin saja benar. Rata-rata wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun, sedangkan pria menangis hanya tujuh kali setahun. Namun, ini bukan hanya perempuan dianggap lebih emosional dan lemahdibanding laki-laki, melainkan fakta medis menyebutkan bahwa saluran air mata pria memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding wanita. Sedangkanuntuk bayi, durasi normal menangis mereka adalah sekitar 1-3 jam.
4.      Orang Lebih Sering Menangis Di Malam Hari Dan Berdurasi 6 Menit
Tentu saja, kita tidak bisa memprediksi kapan kita akan menangis karna kita tidak bisa memprediksi emosi kita juga. Namun, menurut penelitian, kebanyakan orang menangis antara pukul 19.00-22.00. rata-rata sebagian besar orang menghabiskan waktu 6 menit setiap kali menangis.

Manfaat Dari Menangis :

1.      Menbantu Penglihatan
Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.
2.      Membunuh Bakteri
Didalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangan, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.
3.      Meningkatkan Mood
Seseorang yang menangis dapat menurunkan level depresi karna dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karna emosi mengandung 24 persen protein Albumin yang berguna dalam meregulasi sistem mtabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.
4.      Mengeluarkan Racun
Seorang ahli biokimia William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karna emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun, itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.
5.      Menangis Bisa Meredakan Stres
Menangis juga cara yang ampuh untuk mengurangi stres emosional. Hal ini tentu saja baik bagi kesehatan, karna stres memberikan dampak buruk bagi kesehatn. Dari hasil penelitian diketahui bahwa air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif melawan stres.
6.      Membangun Komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya didepan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.
7.      Menangis Dapat Melegakan Perasaan
Meskipun Anda didera berbagai macam masalahdan cobaan yang membuat dada Anda serasa penuh sesak, bahkan mungkin membuat Anda sulit bernafas, namun setelah Anda tumpahkan lewat tangis, biasanya akan muncul perasaan lega. Karena setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang menjadi lebih baik dan lega. Keluarkan lah masalah dipikiran Anda lewat tangisan, jangan dipendam, karena pada akhirnya nanti Anda bisa menangismeledak-ledak.
8.      Menangis Sebagai Pengobatan Yang Baik
Menangis juga bisa menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, serta membuat respon terhadap pengobatan lebih baik. Menangislah bila ingin menangis, namun jangan dipaksakan untuk menangis karna bagaimana pun tersenyum lebih indah.


Itulah beberapa manfaat dari menangis. Karena menangis adalah juga simbol kejujuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar