Kristi Eka Arummi

MASA DEPAN ADALAH MILIK MEREKA YANG PERCAYA PADA KEINDAHAN MIMPI-MIMPI MEREKA...

"The Future Belongs To Those Who Believe In The Beauty Of Their Dreams"

WELCOME TO KITTIW BLOG

Minggu, 30 Maret 2014

KENALI PANEL INDIKATOR

Lampu indikator pada panel dasbor ternyata memiliki arti masing-masing yang harus dipahami pengemudi.

Seiring dengan meningkatnya ilmu pengetatahuan, teknologi mobil menjadi lebih kompleks. Akibatnya, jumlah lampu peringatan pada panel dasbor juga bertambah secara signifikan. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui apakah lampu peringatan membutuhkan perhatian segera atau apakah dapat melanjutkan perjalanan.

Anda dapat melihat makna simbol-simbol tadi dengan melihat buku petunjuk kendaraan yang diberikan produsen mobil. Apa saja arti simbol-simbol pada panel dasbor, berikut adalah penjelasannya :

·         Kuning berarti potensi bermasalah. Bawa segera ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan

·         Merah  berarti masalah urgen. Bila melihat lampu indikator ini menyala, segera hentikan kendaraan di tempat aman. Ini bisa diakibatkan mesin yang overheating, oli kurang atau habis, altenator tidak mengisi, belt putus, minyak rem habis, dan sebagainya. Jika diteruskna akan berbahaya bagi pengemudi atau komponen lain dan bisa menyebabkan kecelakaan dijalan.

·         Hijau dan Biru adalah informasi mengenai bekerjanya satu sistem atau fitur. Contoh, cruise control, turn signal, dan sebagainya.

Sebagian besar mobil modern memiliki on-board yang disebut sistem manajemen mesin. Sistem manajemen mesin berkomunikasi dengan sensor di dalam dan disekitar mesin untuk memastikan komponen mesin mobil bekerja dengan aman. Sistem manajemen mesin atau unit kontrol elektronik (ECU) juga membantu mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

ECU mobil juga terkait dengan komponen lain disekitar mobil, seperti sensor airbag dan rem, tergantung pada pembuat dan model mobil. Komponen tersebut dapat rusak atau haus, dan ketika itu terjadi, lampu pada dasbor akan memberi peringatan. Beberapa lampu yang ada pada dasbor memiliki peringatan spesifik. Ini juga berbeda pada setiap jenis mobil, meski diantaranya berlaku secara universal.


Sumber : Tabloid Nova

Tidak ada komentar:

Posting Komentar