Kristi Eka Arummi

MASA DEPAN ADALAH MILIK MEREKA YANG PERCAYA PADA KEINDAHAN MIMPI-MIMPI MEREKA...

"The Future Belongs To Those Who Believe In The Beauty Of Their Dreams"

WELCOME TO KITTIW BLOG

Minggu, 30 Maret 2014

ANDROID

       Android adalah sebuah sistem operasi mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi. Adapun beberapa pengertian lain tentang android yaitu :
1.               Merupakan platform terbuka (Open Source) bagi para pengembang atau Programmer untuk membuat sebuah aplikasi.
2.                  Merupakan sistem operasi yang dibeli oleh Google Inc, dari Android Inc.
3.                 Bukan bahasa pemrograman, akan tetapi hanya menyediakan ruang lingkup atau runtime environment yang disebut DVM (Dalvik Virtual Matchine) yang telah dioptimasi untuk device/alat dengan sistem memori yang kecil.
        Untuk pertama kalinya sistem oprasi ini dikembangkan oleh perusahaan Android.inc dengan nama perushaan inilah Android dijadikan nama untuk sistem oprasi tersebut.
            Pada tahun 2005, Google membeli Android dan mengambil alih proses pengembangannya sekaligus team developernya. Google menginginkan Android untuk dijadikan sebagai Sistem Oprasi yang open source dan gratis, kebanyakan kode android dirilis dibawah lisensi open source apache yang berarti setiap orang bebas untuk menggunakannya dan mengunduh source code android secara penuh, Terlebih lagi bagi para vendor bebas untuk mengubah sekaligus membuat penyesuaian untuk android. Di samping itu, perusahan dapat secara bebas membuat perbedaan dari produk-produk vendor lainnya.
            Dalam pengembangannya, Android membentuk OHA (Open Handset Aliance), konsorium dari 34 perusahaan peranti keras (Hardware), peranti lunak (Software), dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Android dirilis pertama kali Pada tanggal 5 November 2007 bersama OHA menyatakan mendukung pengembangan open source pada perangkat mobile. Sekitar bulan September 2007, google mengenalkan nexus one, salahsatu jenis smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya, telepon seluler ini diproduksi oleh HTC corp. dan tersedia dipasaran pada tanggal 5 Januari 2008, dan pada tanggal 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang telah bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, yang diproduksi oleh Asustek Computer Inc., Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Broup Plc.

·            Fitur Android
       Android adalah sebuah sistem operasi mobile open source dam dapat dimanufaktur untuk dikustomisasikan sehingga tidak adanya konfigurasi yang pasti mengenai software dan hardwarenya. Akan tetapi, secara garis besar Android sendiri mendukung fitur-fitur sebagai berikut ini :
1.      Storage : Mendukung SQL Lite. SQL Lite adalah sebuah database relational lite (versi ringan) yang digunakan untuk penyimpanan data.
2.      Konektivitas : Mendukung koneksi GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EVDO, UMTS, Bluetooth, Wifi, LTE, dan Wimax.
3.      Massaging : Mendukung SMS dan MMS.
4.      Web Browser : Web browser yang digunakan adalah browser berbasis open source Webkit, dengan engine java script Chrome V8
5.      Media Support : Dukungan media pada Android melipute file media bertipe: H.263, H.264 (dalam bentuk 3GP atau MP4 Container), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (3GP Container), AAC, HE-AAC (dalam bentuk MP4 atau 3GP container), MP3, MIDI, Ogg Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, dan BMP.
6.      Dukungan Hardware : Sensor Accelerometer, Camera, Kompas digital, Sensor Proximity, dan GPS (Global Potitioning System).
7.      Multi Taouch : Mendukung layar dengan dukungan multi touch.
8.      Multitasking : Kemampuan untuk melaksanakan tugas secara bersamaan atau dalam kata lain dapat membuka program secara bersamaan (lebih dari satu).
§    Flash : Mendukung animasi Flash.
§    Tethering : Mendukung berbagi jaringan internet (Hotspot).

·            Arsitektur Android
Perangkat Android hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran, seperti Smartphone, Tablet, Perangkat E-Reader, Netbooks, MP4, Internet TV, dan lain-lain. dan tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda.
     Secara garis besar Arsitektur Android terdiri dari Applications dan Widgets, Applications Frameworks, Libraries, Android Run Time, dan Linux Kernel.
a.       Application dan Widgets merupakan layer (lapis) yang dapat berhubungan dengan  aplikasi saja.
b.      Application Frameworks merupakan Open Development Platform yang ditawarkan android untuk dapat dikembangkan guna membangun aplikasi. Pengembang memiliki akses penuh menuju API Frameworks seperti yang dilakukan oleh aplikasi kategori inti. Komponen-komponen yang termasuk didalam Aplikation Frameworks adalah sebagai berikut : Views, Content Provider, Resource Manajer, Notification Manajer, dan Activity Manajer.
c.       Libraries merupakan layer, dimana fitur-fitur Android berada.
d.      Android Run Time merupakan layer yang membuat aplikasi Android dapat dijalankan, dimana dalam prosesnya menggunakan implementasi dari Linux.
e.       Linux Kernel merupakan layer inti dari sistem operasi Android berada.

·            Struktur Aplikasi Android
     Struktur aplikasi Android atau fundamental aplikasi Android ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Kode java dikompilasi bersama dengan file resource yang dibutuhkan oleh aplikasi, dimana prosesnya di-package oleh tools yang dinamakan “apt tools” ke dalam paket Android, sehingga menghasilkan file dengan ekstensi .Apk. File .Apk inilah yang disebut dengan aplikasi, dan nantinya dapat diinstal pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Android.
Ada beberapa komponen pada aplikasi Android, diantaranya adalah :
1.      Activities merupakan komponen untuk menyajikan user interface (tampilan program) kepada pengguna.
2.      Service merupakan komponen yang tidak memiliki user interface (tampilan program), tetapi service berjalan secara backgrounds.
3.      Broadcast Receiver merupakan komponen yang berfungsi untuk menerima dan beraksi untuk menyampaikan informasi yang ada pada notifikasi.
4.      Content Provider merupakan komponen untuk membuat kumpulan aplikasi data secara spesifik sehingga bisa digunakan oleh aplikasi lain.
  
·            Versi Android
Banyak smartphone dan PC Tablet yang menggukan sistem operasi Android dengan versi yang berbeda, semakin tinggi versinya maka akan semakin canggih pula fitur-fitur yang dimilikinya. Adapun smartphone pertama yang menggunakan Android sebagai sistem oprasinya adalah HTC Dream yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008. Adapun beberapa uraian tentang versi-versi Android dijelaskan dalam tabel sebagai berikut :
Tabel berikut adalah keterangan versi android dan penjelasannya :
Tabel 2.1 Versi Android
Versi  Android
Tahun Rilis
Fitur Tambahan Utama
Android versi 1.1 (Banana Bread)
Maret 2009
Jam,  alarm, voice search, pegiriman pesan dengan  Gmail, pemberitahuan email
Android versi 1.5 (Cupcake)
Mei 2009
Bluetooth A2DP,  Soft-keyboard, merekam dan menonton video dengan modus kamera, meng-upload video ke youtube
Android versi 1.6 (Donut)
September 2009
Baterai indicator dan control applet VPN, CDMA/EVDO, Text-to-Speech Engine, Dial contact
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Desember 2009
Google Maps 3.1.2, Browser tebaru, HTML 5, Kamera 3.2 MP, Digital Zoom<, Bluetooth 2.1
Android versi 2.2 (Frozen Yoghurt)
Mei 2010
Speed improvements, USB Tethering, Upload file ke browser
Android versi 2.3 (Ginger Bread)
Desember 2010
SIP-based VoIP, NFC, Gyroscope dan sensor, Download Manager, Mixable Audio Effects, Multiples Camera Support
Android versi 3.0 (Honey Comb)
Februari 2011
Multi core support, Better tablet support, Google eBooks, Private Browsing
Android versi 4.0
(Ice Cream Sandwich)
Oktober 2011
Face Unloock, Jaringan data pemantauan penggunaan dan control
Android versi 4.1
(Jelly Bean)
2012
Meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar