TUGAS TULISAN 3 : Perilaku Konsumen
MATKUL : TEORI ORGANISASI UMUM 2
Perilaku Konsumen adalah prose dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pengembalian, penggunaan serta
pengevaluasi produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah proses
pengembalian keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang
berga jual tinggi proses pengembalian keputusan dilakukan dengan
pertimbangan yang matang.
Komunikasi dan Perilaku Konsumen
Komunikasi merupakan alat unik yang digunakan para
pemasar untuk membujuk para konsumen agar bertindak menurut cara yang
diinginkan. Komunikasi terdiri dari beberapa aspek diantaranya dapat
berbentuk variable, visual atau kombinasi keduannya. Komunikasi juga
dapat merupakan symbol dan menyampaikan arti khusus yang ingin
ditanamkan oleh pemasar.
Komponen Komunikasi
1.Pengirim yaitu pengirim sebagai pemrakarsa
komunikasi, dapat merupakan sumber formal maupun informal. Sumber
komunikasi formal mungkin berupa organisasi untuk memperoleh laba maupun
nirlaba. Sumber informal mungkin orang tua atau temen yang memberikan
informasi atau nasihat mengenai produk.
2.Penerima yaitu komunikasi pemasaran formal
cenderung menjadi calon atau pelanggan yang dibidik. Audien perantara
dan yang tidak diharapkan juga mungkin menerima komunikasi para pemasar.
Contohnya grosir, distributor dan pedagang ritel yang menerima iklan
perdagagangan pemasar yang dimaksudkan untuk membujuk mereka agar mau
memesan dan mengadakan persediaan barang dagangan.
3.Medium yaitu saluran komunikasi mungkin impersonal atau interpersonal
4.Pesan yaitu bersifat verbal, nonverbal atau
kombinasi keduanya. Pesan verbal biasanya dapat mencakup informasi
produk atau jasanya yang lebih spesifik daripada pesan nonverbal. Pesan
verbal yang digabungkan dengan pesan nonverbal sering memberikan lebih
banyak informasi kepada penerima daripada salah satu diantara keduanya.
5.Umpan Balik yaitu komponen yang sangat diperlukan
dalam komunikasi interpersonal dan impersonal. Umpan balik yang cepat
waktunya memungkinkan pengirim untuk memperkuat, mengubah atau
memodifikasi pesan untuk menjamin agar dapat dimengerti sesuai dengan
yang dimaksudkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar