Kristi Eka Arummi

MASA DEPAN ADALAH MILIK MEREKA YANG PERCAYA PADA KEINDAHAN MIMPI-MIMPI MEREKA...

"The Future Belongs To Those Who Believe In The Beauty Of Their Dreams"

WELCOME TO KITTIW BLOG

Senin, 25 Oktober 2010


Peranan Pemuda Zaman Sekarang di Dalam Bermasyarakat

PEMUDA merupakan generasi penerus sebuah bangsa yang diharapkan bisa menjadikan bangsanya lebih baik. Pemuda selalu diidentikan dengan perubahan, betapa tidak peran pemuda dalam membangun bangsa ini, peran pemuda dalam menegakkan keadilan, peran pemuda yang menolak kekeuasaan.
 Peranan pemuda dalam sosialisi bermasyrakat sangat menurun dratis, dulu bisanya setiap ada kegiatan masyarakat seperti kerja bakti, acara-acara keagamaan, adat istiadat biasanya yang berperan aktif dalam menyukseskan acara tersebut adalah pemuda sekitar. Pemuda sekarang lebih suka dengan kesenangannya masing-masing di lingkungan luar, selalu bermain-main dan bahkan ketua RT/RW nya saja dia tidak tahu. Dengan majunya teknologi juga membawa dampak negative bagi pemuda.
Kini pemuda pemudi kita lebih suka peranan di dunia maya ketimbang dunia nyata. Lebih suka nge Facebook, lebih suka aktif di mailing list, lebih suka di forum ketimbang duduk mufakat untuk kemajuan RT, RW, Kecamatan, Provinsi bahkan di tingkat lebih tinggi adalah Negara. Sehingga banyak pemuda zaman sekarang tidak sada apa peran mereka di dalam masyarakat itu, serta banyak pemuda yang kini terjun dalam pergaulan yang membawa dirinya dalam kehancuran. Dengan maraknya jenis-jenis pergaulan bebas di kalangan pemuda, seperti memakai obat-obatan terlarang melakukan perbuatan  yang melanggar hukum serta seks bebas. Itu merupakan penyebab yang membuat pemuda tidak menyadari arti dan peran kehadirannya di masyarakat dan membuat anggapan negative juga bagi pemuda itu sendiri. Pemuda zaman sekarang juga sangat membutuhkan pembinaan atau pendidikan moral agar tercipta rasa tanggung jawab dalam dirinya untuk ikut serta dalam membangun negara dan ikut serta memakmurkan kehidupan rakyat, bukan hanya untuk kepentingan pribadinya.

Sebagai Pemuda kita dituntut aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, bersosialisasi dengan warga sekitar. Kehadiran pemuda sangat dinantikan untuk menyokong perubahan dan pembaharuan bagi masyarakat dan negara. Pemuda yang sadar dengan perannya di masyarakat, pemuda yang tidak hanya memikirkan pribadinya saja, pemuda yang bertanggung jawab dan pemuda yang bersih dari tindakan anarkis. Aksi reformasi di semua bidang adalah agenda pemuda kearah masyarakat madani. Reformasi tidak mungkin dilakukan oleh orang tua dan anak-anak. Dengan penuh harapan moga pemuda-pemudi dan generasi penerus harapan bangsa dapat menjelma menjadi sukarno-sukarno masa depan dengan samangat juang yang tinggi.
Semua yang di tulis diatas merupakan pendapat saya tentang organisasi pemuda serta perannya di dalam masyarakat dan dikutip dari beberapa sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar