1. Apa
yang dimaksud dengan produsen dan sebutkan pengkaterorian produsen ?
2. Apa
yang dimaksud dengan perilaku produsen ?
3. Apa
yang dimaksud dengan fungsi produksi ?
4. Apa
yang dimaksud dengan least cost combination ?
5. Bagaimana
cara mengoptimalkan produksi ?
Jawaban :
1. Produsen dalam ekonomi adalah
organisasi/kelompok/orang yang menghasilkan suatu barang/jasa yang mempunyai
nilai pakai dan nilai guna untuk dikonsumsi oleh konsumen. Orang yang memakai
atau memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebetuhan
adalah konsumen.
Pengkategorian
produsen :
a. Produsen
b. Distributor
c. Agen
d. Pengecer
e. Pengguna
2. Perilaku
Produsen adalah Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila
dijalankan oleh produsen atau yang sering kita sebut pengusaha. Pengusaha
adalah orang yang mencari peluang yang menguntungkan dan mengambil risiko
seperlunya untuk merencanakan dan mengelola suatu bisnis.
3. Fungsi
produksi merupakan hubungan teknis antara faktor produksi (C,R,T,L) dengan
hasil produksi.
Produksi dengan menggunakan :
Produksi dengan menggunakan :
a. 1
variabel & yang lain tetap.
b. 2
variabel, kombinasi 2 faktor produksi ditunjukkan dengan kurva isocost dan
isoquant
4. Least
Cost Combination (LCC) yaitu Penggunaan kombinasi faktor produksi dengan menggunakan
biaya yang paling murah. Syarat LCC : MRTS (marginal rate of technical
substitution), bila menambah salah satu input maka mengurangi penggunaan input
5. Cara
Mengoptimalkan produksi:
a. Biaya yang digunakan harus dipandang sebagai keuntungan potensial ( potential profit ), bukan pengeluaran atau ongkos produksi yang memang harus di keluarkan. Dengan demikian reduksi biaya produksi melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
a. Biaya yang digunakan harus dipandang sebagai keuntungan potensial ( potential profit ), bukan pengeluaran atau ongkos produksi yang memang harus di keluarkan. Dengan demikian reduksi biaya produksi melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
b. Setelah persepsi tentang biaya produksi diatas berubah, manajemen harus melaksanakan aktivitas produksi bernilai tambah ( bukan sekedar mengubah input menjadi output ) dengan jalan berproduksi pada biaya produksi yang minimum. Dengan cara ini perusahaan akan meningkatkan daya saing melalui strategi penetatapan harga ( pricing strategy ) yang kompetirif di pasar.
c. Keunggulan kompetitif produk dipasar akan meningkatkan pangsa pasar (market share) yang berarti akan meningkatkan penerimaan total (TR) dari penjualan produk itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar